Selasa, 07 April 2015

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

// // Leave a Comment
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh – Di masa kini banyak orang yang memiliki gaya hidup yang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari pola makan, tidur, dan olahraga yang tidak dijaga dengan benar. Makan sesuka hati sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kandungan yang ada di dalam makanan tersebut, atau malah sebaliknya karena sedang melakukan diet ketat orang tersebut benar-benar mogok makan.
Kurangnya istirahat juga membuat tubuh menjadi tidak prima. Padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk mengistirahatkan seluruh yang ada di tubuh dan pikiran anda, agar saat bangun tidur anda menjadi lebih fresh dan semangat untuk menjalani hari. Anda yang super sibuk mungkin akan sulit mengatur jadwal untuk berolahraga. Tapi seharusnya cobalah mengatur waktu setidaknya seminggu sekali untuk jogging bersama keluarga atau teman.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh :

http://obatkankerindungteluralami.blogspot.com/
Pembahasan tadi hanyalah sebagian dari penyebab menurunnya kualitas hidup yang berdampak pada kesehatan. Ingin tahu bagaimana menjaga stamina tubuh agar selalu sehat dan bugar? Simaklah beberapa tips menjaga kesehatan pada tubuh di bawah ini.

1. Jangan Makan Secara Berlebihan
Menjaga pola makan sangat penting agar kita dapat mengatur apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh dan apa yang seharusnya tidak dimakan. Penuhi pola makan 4 sehat 5 sempurna yaitu nasi sebagai makanan pokok, lauk pauk agar tubuh kita mendapatkan protein dan lemak yang cukup, sayur mayur, buah serta susu. Selain kandungan pada makanan yang harus anda atur, jam makan juga harus beraturan agar lambung anda tidak bermasalah. Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang, atur porsi makanan secukupnya sesuai yang anda butuhkan. Jangan makan secara berlebihan karena banyak dampak yang akan terjadi seperti bertambahnya berat badan atau malah akan merangsang timbulnya penyakit.

2. Hindari Stress
Stress memang tidak dapat dihilangkan, tapi dapat dikurangi dan dihindari. Lakukan kegiatan positif yang memacu anda untuk berkreasi, dengan begitu hal-hal yang memicu anda untuk stress dapat dilupakan sejenak.

3. Menjaga Kebersihan
Menjaga KebersihanKebersihan adalah hal utama yang harus anda perhatikan jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Jika kebersihan tidak dijaga otomatis kuman, bakteri, dan virus sangat mudah menjangkau tubuh anda. Jagalah kebersihan pada tubuh anda dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan setelah mengerjakan sesuatu yang membuat tangan kotor. Selain itu mandilah 2 kali dalam sehari, setiap pagi hari sebelum beraktifitas dan sore hari saat selesai beraktifitas. Bukan hanya kebersihan tubuh yang harus dijaga, ingat kebersihan lingkungan juga penting.

4. Olahraga
Hal yang satu ini memang tak bisa dilewatkan jika sedang membahas seputar kesehatan. Ya, olahraga sudah terbukti sangat menyehatkan badan. Dengan berolahraga dapat melancarkan peredaran darah yang berguna untuk kesehatan jantung serta dapat meningkatkan konsentrasi. Olahraga juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, ini baik untuk mencegah Osteoporosis.

5. Konsumsi Madu
Seperti yang kita ketahui kandungan yang terdapat pada madu sangatlah berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaatkanlah madu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Mengkonsumsi madu setiap hari sangat baik untuk pernafasan, karena madu dapat membantu penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti asma, bronkitis, sinusitis, alergi, flu, dll. Selain itu walaupun rasanya manis, madu berkhasiat untuk menurunkan glukosa karena madu memiliki indeks glikemik yang rendah. Madu juga bisa membuat anda awet muda karena memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

6. Puasa
Salah satu manfaat dari puasa adalah untuk detoksifikasi. Detoksifikasi yaitu proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Selain dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh, puasa juga cara untuk mengistirahatkan alat pencernaan. Masih banyak lagi manfaat dari puasa, untuk anda yang ingin selalu sehat dan bugar sangat disarankan untuk melakukan puasa paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Dari 6 cara menjaga kesehatan tubuh yang telah dipaparkan di atas semoga dapat membantu anda untuk mencegah datangnya penyakit terhadap tubuh anda.

0 komentar:

Posting Komentar